Hindari 4 Kesalahan Berikut Ini Saat Membeli Asuransi

Hindari 4 Kesalahan Berikut Ini Saat Membeli Asuransi

Kini, asuransi merupakan suatu hal yang wajib untuk dimiliki, baik bagi orang muda maupun berumur.

Pasalnya, asuransi merupakan pihak ketiga yang bisa Anda percaya untuk melakukan perlindungan secara finansial. Asuransi dapat berperan penting untuk memberi perlindungan bagi keluarga dan orang yang dicintai maupun aset perusahaan. Maka itu, penting bagi Anda untuk memiliki asuransi yang dapat melindungi Anda dari begitu banyaknya resiko. Sayangnya, masih sedikit orang sadar akan perlindungan yang diberikan oleh asuransi ini.

Begitu rendahnya tingkat kesadaran masyarakat Indonesia akan asuransi tentunya perlu diatasi. Banyak yang berpikir dengan adanya jaminan kesehatan dari perusahaan maupun pemerintah saja sudah cukup. Padahal di luar itu, ada banyak sekali risiko yang bisa terjadi dalam hidup, seperti ketika pencari nafkah utama dalam keluarga meninggal atau biaya pendidikan yang selalu naik dari tahun ke tahun.

Beberapa risiko yang disebutkan diatas dan risiko lainnya sebenarnya bisa lebih ringan jika dipersiapkan sejak dini, salah satunya dengan perlindungan asuransi. Minimnya rasa percaya masyarakat akan asuransi timbul karena beberapa kesalahanpahaman tentang pengertian dari asuransi itu sendiri. Maka itu, telah kami rangkum beberapa kesalahan yang sering dialami nasabah saat membeli asuransi perlindungan keluarga dan orang yang dicintai.

Tidak Paham Isi Polis

Banyak yang mengeluhkan klaim yang ditujukan untuk perusahaan asuransi lama cair atau bahkan ditolak. Ini terjadi biasanya karena nasabah tidak paham benar isi polis atau kontrak asuransinya. Alhasil, terjadi kesalahan komunikasi. Isi polis memang panjang dan rinci, namun harus benar-benar dibaca dan dipahami sebelum membeli asuransi. Dalam polis sudah tertulis rinci hak dan kewajiban nasabah maupun perusahaan asuransi. Hal ini supaya Anda dapat mengetahui apa yang perlu Anda ekspektasi dari jasa asuransi tersebut dan apa yang harus Anda siapkan. Maka itu, pahami isi polis dengan seksama sebelum memilih jasa asuransi Anda.

Memilih Premi Yang Murah

Asal memilih premi yang murah juga salah satu kesalahan yang banyak terjadi di masyarakat. Sebaiknya, hitung secara rinci dan baik-baik segala kebutuhan keluarga saat terjadi risiko. Misalnya saja kebutuhan keluarga selepas ditinggal pencari nafkah atau biaya rumah sakit saat terjadi kecelakaan. Sesuaikan besaran uang tanggungan yang diinginkan dengan penghasilan.

Salah Menentukan Tertanggung Polis

Anda perlu menentukan orang yang tepat sebagai tertanggung polis, dan penerima uang tanggungan adalah yang membutuhkan. Jangan sampai malah membeli asuransi jiwa untuk anggota keluarga yang tidak tepat. Misalnya saja Anda akan membeli asuransi jiwa, tentu saja tertanggung polis adalah orang yang mencari nafkah utama dalam keluarga, contohnya suami. Hal tersebut supaya saat anggota keluarga yang ditinggal oleh sang pencari nafkah, bisa menerima uang pertanggungan. Ini supaya asuransi bisa bermanfaat sesuai fungsinya, yakni asuransi perlindungan keluarga dan orang yang dicintai.

Jasa Asuransi Yang Dibeli Tidak Sesuai

Salah satu kesalahan fatal lainnya yang banyak terjadi adalah jasa asuransi yang tidak sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan. Anda perlu bijak untuk menentukan jasa asuransi yang paling sesuai dengan kebutuhan, namun masih sesuai dengan kemampuan finansial Anda pula. Jasa asuransi yang berkualitas pada umumnya akan memberikan beberapa jenis asuransi yang paling sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan Anda. Jangan sampai jasa asuransi yang Anda gunakan justru memberatkan kondisi Anda dan keluarga.

Cara menghindari membeli asuransi yang salah adalah dengan paham dan jangan ragu mencari tahu. Dengan Anda aktif bertanya dan mempelajari polis asuransi sebelum membeli, akan menghindarkan dari kesalahan di atas. Perusahaan asuransi pun harus bisa menjelaskan secara detail mengenai informasi yang diberikan.

Hanwha Life Insurance hadir bagi masyarakat Indonesia dengan tenaga kerja yang profesional dan terpercaya. Dengan mengedepankan asas kepercayaan pelanggan, kini asuransi yang Anda beli bisa diklaim dengan mudah, aman, dan terpercaya. Ditambah lagi, dengan 13 kantor pemasaran yang tersebar di seluruh Indonesia tentunya akan memudahkan Anda dalam menggunakan jasa asuransi bagi keluarga dan orang yang Anda cintai.