Kenali 6 Ciri Perusahaan Asuransi yang Bermasalah

Kenali 6 Ciri Perusahaan Asuransi yang Bermasalah

Di dalam kehidupan, ada begitu banyak risiko yang terkadang tidak bisa dihindari. Dengan begitu banyaknya problem dan masalah yang bisa melahirkan kerugian, manusia harus bisa mencari solusi untuk mengurangi risiko berkehidupan yang menghantui. Asuransi hadir menjadi salah satu jalan keluar di bidang kerugian finansial. Tidak heran jika asuransi dianggap sebagai pelindung finansial keluarga. Sayangnya, saat ini ada banyak sekali oknum tidak bertanggung jawab yang mengaku sebagai perusahaan asuransi namun bertujuan untuk menipu masyarakat.

Perusahaan tidak bertanggung jawab tersebut akan melakukan segala cara untuk bisa memperoleh nasabah. Ujung-ujungnya, klaim tidak bisa dilakukan atau bahkan perusahaan tiba-tiba tutup tanpa pemberitahuan. Alhasil, keamanan finansial yang Anda impikan bisa hancur berantakan. Tentunya, Anda tidak ingin hal tersebut terjadi kepada Anda dan keluarga, bukan? Maka itulah, perlu adanya kecermatan dan kehati-hatian dalam memilih perusahaan penyedia jasa asuransi agar Anda tidak dirugikan kelak.

Berikut ini telah kami rangkum beberapa ciri umum oknum tidak bertanggung jawab yang mengaku sebagai penyedia asuransi yang wajib Anda waspadai.

Iming-Iming Premi Murah

Jika ada perusahaan asuransi yang belum terlalu dikenal, menawarkan iming-iming premi murah, namun uang klaim bisa besar, harus diwaspadai. Pasalnya, besarnya premi selalu berhubungan erat dengan besar uang pertanggungan yang akan diberikan. Hal-hal tidak wajar tersebut wajib diwaspadai. Ini karena biasanya hanya digunakan untuk membuat calon nasabah membeli produk asuransi saja:

Kantor Pemasaran Yang Tidak Jelas

Perusahaan asuransi yang terpercaya pasti memiliki alamat kantor pemasaran yang jelas. Anda perlu waspada jika Anda ditawarkan ‘asuransi’ oleh pihak yang tidak memiliki kantor pemasaran ataupun perusahaan yang jelas. Salah satu kedok paling umum yang dilakukan adalah alamat yang disamarkan agar calon nasabah tidak bisa mendatangi perusahaan tersebut. Untuk itu, pastikan Anda memilih perusahaan yang sudah memiliki kantor pemasaran yang tersebar di seluruh Indonesia. Ini akan memudahkan Anda jika suatu saat akan mengajukan klaim.

SDM Tidak Profesional

Anda juga bisa menilai sebuah perusahaan asuransi itu bisa dipercaya atau tidak adalah dari sumber daya manusianya. Jika mereka tidak bisa menjelaskan dengan baik produk, perusahaan, serta penjelasan tentang asuransi yang salah kaprah, Anda perlu berhati-hati. Hal ini dapat mencerminkan bahwa perusahaan tersebut tidak profesional karena mempekerjakan orang yang tidak berkompeten, atau bahkan mempekerjakan oknum yang sengaja menipu masyarakat.

Permasalahan Dengan OJK

Anda juga harus waspada pada perusahaan yang pernah bermasalah dengan Otoritas Jasa Keuangan. Perusahaan yang sudah pernah mendapatkan kasus dengan OJK, berarti pernah bermasalah juga dengan pengaturan keuangannya. Anda disarankan untuk memilih perusahaan asuransi yang diawasi oleh OJK, dimana Anda bisa mengecek secara langsung website resmi OJK apakah perusahaan yang akan bekerja sama dengan Anda telah terdaftar di OJK, sehingga lebih terjamin.

Klaim Sulit

Anda juga bisa mencari tahu tentang proses klaim. Jika banyak yang mengalami kesulitan klaim meskipun segala jenis persyaratan sudah lengkap, Anda patut waspada. Bisa saja klaim dipersulit karena memang perusahaan tersebut tidak memiliki pengaturan keuangan yang baik, dimana uang nasabah habis untuk pengeluaran perusahaan. Ujung-ujungnya, perusahaan tersebut bangkrut dan tidak bisa mengembalikan uang nasabah.

Komentar Negatif

Anda bisa mencari tahu secara online tentang informasi dan kredibilitas dari sebuah perusahaan asuransi. Hal yang perlu Anda lakukan adalah melihat diskusi dan pendapat masyarakat mengenai perusahaan tersebut. Disini, Anda bisa menilai apakah perusahaan tersebut dapat dipercaya atau tidak. Namun, pastikan review yang Anda baca merupakan review sesungguhnya dan tidak dibuat-buat. Salah satu perusahaan asuransi terpercaya dan aman di Indonesia yang bisa anda percayai adalah Hanwha Life Insurance. Dengan lebih dari 12 kantor pemasaran yang tersebar di Indonesia, Hanwha Life Insurance selalu berkomitmen untuk mensejahterakan rakyat Indonesia, dimana pengguna bisa mendapatkan fitur menguntungkan, salah satunya akses asuransi mudah di berbagai rumah sakit di seluruh Indonesia.