Cara Menghemat Uang Saat Menggunakan Kartu Kredit untuk Bepergian

Cara Menghemat Uang Saat Menggunakan Kartu Kredit untuk Bepergian

Kartu kredit bisa menjadi cara yang sangat nyaman dan aman untuk membiayai liburan Anda. Membawa kartu kredit lebih mudah dan lebih aman daripada uang tunai yang banyak dan bisa lebih nyaman daripada harus menukar cek perjalanan.

Namun, ada beberapa cara di mana Anda dapat menagih biaya tambahan saat menggunakan kartu kredit untuk bepergian. Berikut adalah kemungkinan cara Anda dapat dikenakan biaya tambahan, dan cara menghindarinya:

1. Hindari Penarikan Tunai

Bahkan di rumah, umumnya bukan ide yang baik untuk menggunakan kartu kredit untuk menarik uang tunai. Ini karena pemberi pinjaman biasanya akan mengenakan biaya sekitar £2 hingga £3 setiap kali Anda menarik uang. Selain itu, penarikan tunai dan jenis transaksi serupa lainnya, seperti pembelian mata uang asing, cenderung langsung menimbulkan bunga.

Menggunakan kartu kredit untuk menarik uang tunai di luar negeri berarti Anda harus membayar biaya tambahan ini serta, dalam banyak kasus, biaya transaksi luar negeri. Nilai tukar bank kemungkinan juga tidak akan terlalu menguntungkan.

Secara total, Anda dapat dengan mudah menghabiskan 10-12% lebih banyak untuk uang yang Anda tarik dengan kartu kredit saat berada di luar negeri. Sebaliknya, hampir selalu lebih baik menggunakan kartu debit Anda untuk menarik uang tunai di luar negeri. Cukup periksa apakah penyedia kartu debit Anda mengenakan biaya ATM untuk penarikan yang dilakukan di luar Inggris.

2. Berbelanjalah untuk Mendapatkan Kartu Kredit Perjalanan Spesialis

Jika Anda pergi ke luar negeri secara teratur, Anda mungkin merasa lebih masuk akal untuk mendapatkan kartu kredit yang dirancang khusus untuk mereka yang ingin menggunakannya di luar negeri. Banyak bank menawarkan penawaran yang jauh lebih menguntungkan daripada kartu kredit standar.

Anda dapat membandingkan berbagai kartu kredit perjalanan yang ditawarkan dan melihat kartu kredit perjalanan mana yang terbaik untuk Anda dengan menggunakan alat perbandingan Kartu Kredit Perjalanan kami. Beberapa dari kartu ini juga menawarkan poin hadiah maskapai dan fasilitas perjalanan lainnya.

3. Hindari Hanya Mengandalkan Kartu Kredit Anda

Meskipun kartu kredit lebih diterima secara luas di seluruh dunia daripada sebelumnya, hal ini tetap tidak berlaku ke mana pun Anda pergi. Untuk alasan ini, selalu disarankan untuk menukarkan sejumlah uang sebelum Anda berangkat, atau setidaknya menarik uang di kartu debit Anda atau mengonversi sejumlah uang tunai saat Anda tiba.

Anda masih memerlukan uang tunai dalam banyak kasus untuk membayar hal-hal seperti taksi atau transportasi umum. Di sisi lain, pastikan Anda tidak terlambat meninggalkan konversi mata uang – mengonversi uang di tempat-tempat seperti bandara biasanya sangat mahal.

4. Beri Tahu Penyedia Kartu Kredit Anda Sebelum Anda Bepergian

Apakah Anda ingin menggunakan kartu debit atau kredit di luar negeri, selalu disarankan untuk memberi tahu penyedia terlebih dahulu. Jika tidak, mereka mungkin secara otomatis memblokir kartu Anda ketika mereka mendeteksinya digunakan di luar negeri. Ini dilakukan jika kartu telah dicuri dan digunakan untuk penipuan.

Untuk mencegah hal ini terjadi, dan untuk membantu memastikan bahwa uang dan pembelian Anda terlindungi saat akan kembali ke rumah, beri tahu penerbit kartu Anda bahwa Anda akan pergi sebelum berangkat.

Ketika Anda pergi ke luar negeri, pastikan untuk mencatat nomor kontak darurat penerbit. Anda akan memerlukan ini jika kartu hilang atau dicuri, dalam hal ini Anda harus membatalkannya sesegera mungkin.

5. Selalu Gunakan Mata Uang Lokal Saat Membayar

Di beberapa tempat, pengecer tertentu mungkin menawarkan untuk mengonversi pembayaran ke mata uang Anda sendiri di tempat. Meskipun ini mungkin tampak nyaman pada saat itu, Anda akan selalu mendapatkan nilai tukar yang sangat buruk.

Sebaliknya, bersikeras bahwa semuanya akan dibebankan dalam mata uang lokal, dan biarkan penerbit kartu menangani konversi mata uang itu sendiri. Anda akan menemukan bahwa nilai tukar jauh lebih baik dengan cara ini.

6. Tetap Aman Saat Bepergian dengan Kartu Kredit

Ada sejumlah pilihan termasuk cek perjalanan, kartu kredit, kartu prabayar dan kartu debit yang dapat Anda gunakan untuk mendanai pengeluaran liburan Anda. Uang tunai adalah pilihan yang lebih berisiko, karena akan mudah hilang.

Apa pun pilihan yang Anda pilih, pastikan Anda menyimpan semua barang berharga, termasuk kartu dan dompet, di hotel Anda dengan aman kapan pun Anda tidak menggunakannya. Jika Anda menggunakan kartu kredit, pilih kartu yang tidak mengenakan biaya tambahan untuk menggunakannya di luar negeri, dan ingatlah untuk memilih opsi untuk membayar dalam mata uang lokal, karena Anda akan menerima nilai tukar mata uang asing yang lebih baik.