Cara Menghitung Suku Bunga Kartu Kredit

Cara Menghitung Suku Bunga Kartu Kredit

Bagaimana cara menghitung bunga kartu kredit? Panduan ini menjelaskan, cara menghitung bunga kartu kredit, berdasarkan tarif perusahaan untuk kartu kredit mereka.

Kartu kredit bisa menjadi alat yang sangat berguna untuk membantu menyebarkan biaya pengeluaran atau memungkinkan Anda membeli barang yang lebih besar atau pembelian mahal seperti liburan. Namun, penting untuk memahami cara kerjanya dan bagaimana bunga kartu kredit dibebankan, sehingga Anda dapat menghindari biaya yang tidak perlu.

Bagaimana Cara Kerja Bunga Kartu Kredit?

Ada dua jenis kartu bank yang tersedia di Inggris – kartu debit dan kartu kredit. Saat Anda membelanjakan uang dengan kartu debit, uang akan keluar dari rekening Anda dalam satu atau dua hari. Dengan kartu kredit, uang ditambahkan ke saldo kartu kredit Anda, dan Anda memiliki opsi untuk membayar jumlah tersebut secara penuh saat Anda menerima laporan mutasi kartu kredit bulanan.

Jika Anda tidak melunasi hutang kartu kredit secara penuh dan malah membayar jumlah minimum, Anda akan dikenakan bunga atas sisa saldo. Berapa banyak Anda membayar tergantung pada tingkat bunga kartu, yang dikenal sebagai Tingkat Persentase Tahunan atau APR. Kartu yang berbeda memiliki periode bebas bunga yang berbeda dan APR yang berbeda, dan ini dapat membuat perbedaan besar pada biaya yang Anda bayar.

Memahami cara menghitung bunga kartu kredit akan membantu Anda menemukan kartu kredit terbaik untuk Anda. Mampu memahami dan menghitung bunga pada kartu kredit sangat penting jika Anda berpikir untuk mengajukan kartu dan Anda ingin menemukan yang terbaik untuk kebutuhan Anda.

Suku bunga adalah salah satu cara untuk mengetahui berapa biaya yang harus Anda keluarkan untuk menggunakan kartu kredit Anda, bersama dengan biaya dan biaya lainnya.

Cara Menghitung Bunga Kartu Kredit

APR yang rendah atau lebih rendah berarti Anda akan memiliki lebih sedikit bunga untuk membayar hutang kartu kredit Anda. Akan lebih murah untuk meminjam uang daripada jika kartu kredit Anda memiliki APR yang tinggi. Namun, beberapa kartu kredit memiliki periode bebas bunga yang lebih lama yang juga akan mempengaruhi jumlah bunga yang Anda kenakan.

Anda juga perlu memperhitungkan biaya setiap biaya tahunan yang terkait dengan kartu tersebut, karena ini mungkin termasuk dalam angka APR keseluruhan untuk tahun tersebut. Misalnya, penawaran kartu kredit mungkin memberi Anda APR keseluruhan, termasuk biaya kartu, dan tingkat bunga yang berbeda untuk pembelian, dikurangi biaya kartu apa pun.

Jadi, jika Anda ingin mengetahui cara menghitung tingkat bunga pada kartu kredit, Anda perlu melihat cetakan kecilnya. Rata-rata April kartu kredit di Inggris tanpa biaya kartu tahunan adalah sekitar 19%, tetapi banyak kartu, terutama kartu toko, mengenakan biaya April yang jauh lebih tinggi.

Hal lain yang perlu diingat adalah ketika Anda melihat penawaran kartu kredit, APR akan menjadi “perwakilan”. Ini berarti bahwa Anda mungkin tidak ditawari APR yang sama jika Anda disetujui untuk mendapatkan kartu tersebut. Tingkat bunga Anda mungkin lebih, misalnya jika Anda memiliki peringkat kredit yang buruk dan dianggap sebagai pelanggan berisiko lebih tinggi.

Bagaimana Cara Kerja Tingkat Persentase Tahunan?

Tingkat Persentase Tahunan (APR) adalah jumlah bunga yang Anda bayarkan atas saldo terutang pada kartu kredit Anda. Jika Anda melunasi kartu kredit Anda secara penuh setiap bulannya maka Anda tidak akan dikenakan bunga apapun.

Bahkan jika Anda memiliki saldo terutang pada kartu kredit Anda, Anda mungkin tidak perlu membayar APR untuk utang kartu kredit. Itu karena banyak kartu kredit menawarkan periode bebas bunga.

Kapan Mulai Membayar Suku Bunga APR?

Anda akan mulai membayar APR pada saldo terutang setelah periode bebas bunga berakhir. Oleh karena itu, penting untuk menghitung keseimbangan antara periode bebas bunga yang ditawarkan kepada Anda, dan APR yang mungkin harus Anda bayar. Ada lebih banyak hal untuk memilih kartu yang tepat daripada mendapatkan satu dengan APR terendah.

Bagaimana Cara Menghitung Suku Bunga Kartu Kredit?

Tingkat bunga pada kartu kredit adalah berapa biaya yang Anda keluarkan untuk meminjam uang.

Ini dihitung sebagai persentase dari jumlah yang Anda pinjam. Jumlah hutang Anda sebagai bunga satu bulan kemudian ditambahkan ke total saldo. Ini dikenal sebagai bunga majemuk, dan berlanjut sampai Anda mengosongkan saldo Anda. Semakin lama Anda melunasi kartu Anda, semakin banyak bunga yang Anda bayar.

Cara menghitung bunga bervariasi antar penyedia kartu kredit. Anda dapat memperkirakan jumlah hutang Anda dengan menggunakan kalkulator tingkat bunga. Kalkulator kartu kredit Uswitch dapat membantu Anda menghitung biaya memiliki kartu kredit.

Pembayaran Minimum Dijelaskan

Untuk memastikan Anda tidak pernah berutang kepada penyedia kartu Anda lebih dari yang seharusnya, selalu penuhi pembayaran minimum.

Pembayaran minimum ditunjukkan pada laporan kartu kredit bulanan Anda. Ini adalah jumlah terendah yang dapat Anda bayar setiap bulan tanpa merusak file kredit Anda. Biasanya dihitung sebagai persentase dari total saldo atau jumlah yang ditetapkan. Misalnya, 1% dari saldo Anda (ditambah bunga) atau £10.

Anda dapat mengatur Debit Langsung dari rekening Anda saat ini untuk selalu memenuhi pembayaran minimum, bahkan jika jumlahnya berubah. Ini adalah cara terbaik untuk memastikan bahwa pembayaran minimum Anda dilakukan secara otomatis setiap bulan, dan bahwa Anda tidak bertanggung jawab atas biaya tambahan.

Dengan memenuhi jumlah minimum pembayaran bulanan Anda akan tetap rendah dan terjangkau, tetapi itu juga berarti Anda tetap berhutang lebih lama. Kecuali Anda menghapus saldo dalam periode bebas bunga, Anda bisa membayar banyak bunga.